Rabu, 04 April 2012

PEREKONOMIAN INDONESIA

Nama : Muhammad Ramadhan
Kelas : 1eb23
Npm  : 24211929

TUGAS 1 DAN 2
 
Tugas Pertama
1.    jelaskan mata pencaharian penduduk berdasarkan indonesia buatlah dalam prosentase ?
jawaban :
Kurang lebih 70% adalah mata pencaharian di sector pertanian dan perkebunan, dan sisanya dari sector perikanan 10%,perindustrian 7%, transportasi 6% dan pariwisata 5% dan 2% adalah sector yang lainnya.
Datanya adalah sebagai berikut:

2.    jelaskan sumber daya manusia / SDM yang terkait tentang :
•    laju pertumbuhan penduduk
•    penyebaran penduduk
•    angkatan kerja
•    sistem pendidikan
jawaban :
•    SDM terkait laju pertumbuhan penduduk
Pertumbuhan penduduk yang tinggi akan banyak menimbulkan masalah bagi negara,jika tidak di ikuti dengan peningkatan produksi dan efisiensi dari bidang lainnya.banyak nya penduduk akan menambah beban sumberdaya produktif terhadap sumberdaya manusia yang belum produktif (anak anak,manula ,penganguran dsb . yang akibat lanjutnya akan menimbulkan masalah masalah sosial yang cukup rumit. Adapun tindakan tindakan yang sudah di lakukan pemerintah seperti :
a)    Melaksanakan program keluarga berencana
Dengan program ini di harapkan laju pertumbuhan penduduk akan lebih dapat dikendalikan dan pemerintah melalui program ini ingin menjelaskan dan membuka kesadaran masyarakat bahwa “banyak anak” akan memberi konsekwensi ekonomis yang lebih berat
b)    Meningkatkan mutu sumber daya manusia yang telah ada
Sehingga dapat menunjang peningkatan produktifitas guna mengimbangi laju pertumbuhan penduduknya.

•    Penyebaran penduduk
Penyebaran penduduk tidak merata menyebabkan tidak seimbangknya kekuatan ekonomi secara umum.akibat lanjutnya adalah ketimpangan daerah miskin dan daerah kaya,daerah yang tampaknya menguntungkan (khususnya pulau jawa) akan menjadi serbuan dan perpindahan penduduk dari daerah lainnya akibatnya daerah di luar pulau jawa yang memang telah ketinggalan dari segi ekonominya akan semakin tertinggal.
•    Angkatan kerja
Dampak dari perpindahan penduduk terserbut persaingan tenaga kerja akan semakin tinggi dalam kondisi tersebut upah tenaga kerja akan semakin rendah dan rendahnya upah akan berakibat timbulnya kesengsaraan dan pengangguran,dan tentu saja masalah kriminalitas akan semakin merajalela .sebaliknya di luar pulau jawa akan kekurangan tenaga kerja dan upah pun semakin tinggi,hal inilah yang menyebabkan biaya produksi di luar pulau jawa sangat tinggi,begitu pula dengan biaya transportasi yang menyebabkan turunnya pertumbuhan industri dan secara otomatis menghambat pertumbuhan ekonomi secara nasional.
•    Sistem pendidikan
Komposisi penduduk yang tidak seimbang dapat menimbulkan proses regenerasi kegiatan produksi menjadi tidak lancar dengan demikian perlu dilakukan tindakan secepatnya untuk membekali dan mempersiapkan tenaga kerja – tenaga kerja di indonesia dengan formal maupun informal,dengan keterampilan dan pengetahuan yang sifatnya mendesak.

Tugas kedua
1.    Terankan betapa pentingnya investasi dalam proses pembangunan di indonesia dan upaya upaya apa yang dapat di tempuh guna membantu memenuhi kebutuhan dana investasi pembangunan di indonesia .
Jawaban :
Untuk memperoleh suatu pertumbuhan ekonomi yang tinggi dalam proses pembangunan di indonesia,terkumulnya modal dan sumber daya sebagai investasi,menduduki peran yang sangat penting.bagaimana kita melakukan pembangunan jika dana tidak tersedia atau tidak mencukupi ?
Dalam kondisi tertentu masih sulit untuk mendapatkan dana investasi dari masyarakat .Untuk itulah pemerintah memerlukan dana yang besar dari selisih penerimaan dan pengeluaran/biaya rutin pemerintah.Namun sayangnya pemerintah tidak dapat terus menerus mengandalkan tabungan pemerintah tersebut.Perlu di lakukan upaya upaya tambahan guna membantu memenuhi kebutuhan dana investasi pembangunan.upaya upaya tersebut adalah :
a)    Lebih mengembangkan komoditi non migas,sehingga secara absolut dapat meningkatkan penerimaan pemerintah dari sektor luar negeri,untuk menunjang langkah ini perlu di usahakan peningkatan nilai tambah dan kemampuan bersaing dari komoditi-komoditi yang akan di ekspor tersebut.
b)    Mengusahakan adanya pinjaman luar negeri yang memiliki syarat lunak,serta menggunakannya untuk kegiatan investasi yang menganut prinsip prioritas.
c)    Menciptakan iklim investasi yang menarik dan aman bagi penanam modal asing,sehingga semakin banyak PMA yang masuk ke indonesia.
d)    Lebih menggiatkan dan menyempurnakan sistem perpajakan dan perkreditan,terutama kredit untuk golongan ekonomi lemah agar mereka secepatnya dapat sejalan bersama dengan para pengusaha besar dalam rangka peningkatan produktifitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar