Rabu, 16 Oktober 2013

Gubernur BI: Rating Stabil Bukti Kebijakan Efektif



Gubernur BI: Rating Stabil Bukti Kebijakan Efektif


JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus  Martowardojo menyambut baik keluarnya peringkat dari Rating and Investment Information Inc (R&I), yang memberikan peringkat investasi Indonesia (Sovereign Credit Rating) pada outlook stabil  BBB-. Menurutnya, peringkat itu merupakan bukti bahwa kebijakan ekonomi yang diterapkan berjalan efektif.

Dia mengapresiasi pengakuan R&I terhadap efektivitas respons kebijakan otoritas perekonomian Indonesia dalam mengantisipasi gejolak ekonomi dan ketidakpastian pasar keuangan global saat ini

“Kami akan melanjutkan komitmen terhadap penguatan stabilitas ekonomi secara menyeluruh dan percepatan penyesuaian perekonomian Indonesia ke tingkat yang lebih sehat,” kata Agus seperti dikutip dalam Setkab, Sabtu (12/10/2013).

Sebelumnya, lembaga pemeringkat asal Jepang itu mengungkapkan ada 4 hal yang menjadi dasar yang  mendukung keputusan afirmasi bagi sovereign credit rating Indonesia. Afirmasi yang dimaksud adalah kemampuan Indonesia dalam mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dalam jangka panjang, pengelolaan fiskal yang konservatif, perbankan Indonesia yang sehat dan beban utang pemerintah yang rendah.

Menurut analis R&I, keempat hal tersebut merupakan bukti bahwa Indonesia mampu mempertahankan kekuatan cadangan devisa untuk memenuhi kewajiban utang luar negeri jangka pendeknya di tengah tekanan terhadap nilai tukar.

R&I tetap yakin bahwa Indonesia masih mampu mempertahankan peringkat investment grade tersebut melihat  respons kebijakan yang telah dikeluarkan otoritas perekonomian Indonesia menghadapi gejolak ekonomi.

“Selain itu, sumber daya alam yang melimpah dan pasar domestik yang besar tetap menjadi kekuatan ekonomi Indonesia. Dengan dukungan arus masuk investasi asing langsung atau Foreign Direct Investment (FDI) Indonesia akan mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan dalam jangka menengah,” tulis analis R&I. (rhs)
Sumber : http://economy.okezone.com/read/2013/10/12/20/880707/gubernur-bi-rating-stabil-bukti-kebijakan-efektif
Analisa : jangan cepat puas dengan apa yang telah di dapat , jika sekarang rating stabil usahakan stabil terus jangan ngambang naik turun , ya syukur syukur ratingnya bias naik , sukses BI semoga semakin kompak  !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar