Minggu, 22 Desember 2013

Masuki Area Oversold, Rupiah Tak Bergerak di Level Rp12.000

JAKARTA - Laju nilai tukar Rupiah terhadap mata uang dolar Amerika Serikat (AS) masih terbelenggu dalam zona merah sepanjang sepekan kemarin. Kian dekatnya pertemuan the Fed, tidak membuat laju Rupiah keluar dari area oversold malah makin tertekan.

"Pelaku pasar kian mencari mata uang yang dinilai save heaven, diantaranya dolar AS dan mungkin juga yen sehingga mata uang yang dinilai high risk seperti Rupiah kian ditinggalkan. Belum banyaknya pelaku pasar yang beralih kepada Rupiah membuat nilai tukarnya belum dapat menguat signifikan dan dolar masih bergerak menguat," ungkap Kepala Riset Trust Securities Reza Priyambada dalam risetnya, Minggu (22/12/2013).

Akan tetapi, penguatan dolar dapat diimbangi dengan apresiasi euro seiring rilis kenaikan trade balance Italia dan indeks manufacturing PMI serta service PMI Jerman yang juga diikuti oleh indeks yang sama untuk Zona Euro. Meski laju Rupiah sempat menguat tipis, jelang rilis pertemuan FOMC aksi beli dolar kian gencar sehingga melemahkan nilai tukar Rupiah.

"Apalagi nilai tukar yen kembali melemah setelah dirilisnya penurunan ekspor-impor Jepang yang berujung pada membengkaknya defisit perdagangannya sehingga seolah memberikan peluang penguatan cukup besar pada USD," ujarnya.

Tidak hanya IHSG, Rupiah pun turut merespon hasil rapat FOMC. Bedanya, IHSG melaju positif namun, Rupiah kian makin tertekan dengan hasil rapat tersebut. Hasil rapat FOMC yang memberikan sinyal pemangkasan stimulus meskipun masih Januari 2014, namun telah membuat spekulasi terhadap aksi beli dolar kian besar.

Sebelumnya, pada penutupan Jumat 20 Desember 2013, melansir Bloomberg Dollar Index, Rupiah ditutup pada level Rp12.168 per USD. Sementara itu, berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) BI pada penutupan hari ini di level Rp12.245 per USD atau kembali melemah dibandingkan hari sebelumnya di level Rp12.191 per USD. (kie) (wdi)
Sumber :http://economy.okezone.com/read/2013/12/22/278/915866/masuki-area-oversold-rupiah-tak-bergerak-di-level-rp12-000 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar